Dengan kemajuan teknologi, sekarang membeli barang memang bisa dilakukan dengan sangat cepat dan mudah. Dimana sebelumnya kita perlu mendatangi ke sebuah toko tertentu untuk membeli suatu barang, namun di jaman yang serba instan ini, membeli barang pun bisa instan. Dengan kemunculan berbagai e-commerce dalam negeri untuk mencari dan membandingkan produk dari jutaan penjual sekaligus, tentunya ini akan mempermudah baik dari sisi pembeli dan juga penjual. Penjual dapat berjualan dari rumah sendiri tanpa perlu membuka kios, dan pembeli hanya cukup mencari barang melalui internet yang dapat diakses dimanapun.

Selain di dalam negeri, tentunya fenomena e-commerce ini juga sudah populer di luaran sana. Banyak sekali e-commerce besar yang kita sering dengar seperti e-bay dan amazon dari USA, juga alibaba dari China. Namun kali ini kita akan fokus membahas e-commerce dari perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma di China, yaitu grup Alibaba. Jack Ma memiliki sebuah visi dimana internet dapat mempermudah hidup orang-orang di China. Dengan keyakinan itu, dia bersama rekannya mendirikan Alibaba grup. Yang awalnya hanya berfokus pada pasar dalam negeri, sekarang sudah sampai memfasilitasi transaksi luar negeri.

Sebetulnya e-commerce yang didirikan oleh grup Alibaba ini ada beberapa macam, namun yang paling terkenal di kalangan orang di Indonesia hanya 2, yaitu alibaba.com dan aliexpress.com. Karena ke dua e-commerce ini lah yang memang difokuskan untuk market internasional, dan dengan penjual yang bisa berbahasa asing lalu juga mengerti prosedur pengiriman ke luar negeri.

Tetapi disitulah letak kelemahan dari ke dua e-commerce ini. Karena sudah terkenal dan memiliki pasar khusus ekspor, tentunya harga barang yang dijual akan lebih mahal dibanding harga yang mereka jual di pasar lokal China. Memang wajar, tapi bagaimana jika kita bisa membeli barang dengan harga yang lebih murah lagi menyaingi harga distributor lokal China?

Ini lah tempat dimana setiap orang dapat mencari barang dengan harga semurah murahnya seperti orang China sendiri membeli barang. Coba bayangkan jika kita bisa membeli barang semurah orang lokal China? Pastinya akan sangat menguntungkan jika dijual kembali. Ke dua e-commerce murah tersebut adalah taobao.com dan 1688.com.

Beberapa dari kalian yang sudah mendengarnya pasti tau betapa murahnya harga barang yang dijual di e-commerce ini. Walau memang sulit di gunakan karena menggunakan bahasa mandarin, namun tentu saja demi harga yang lebih murah, butuh usaha lebih. Dan karena banyak orang yang tidak tahu dan tidak mau menggunakan e-commerce ini karena kesulitannya, itu bisa menjadi keuntungan bagi kalian yang ingin mencari peluang. Disini kalian dapat mencari barang dengan harga yang sangat rendah untuk dijual lagi di Indonesia.

Berikut adalah ringkasan dari ke empat e-commerce yang kita bahas diatas:
1. Aliexpress.com: Terfokus untuk pasar internasional retail. Pembeli dapat membeli produk satuan untuk digunakan sendiri. Harganya sendiri juga akan lebih mahal dibanding yang lain.
2. Alibaba.com: Terfokus pada pasar internasional grosir. Pembeli lebih disarankan untuk membeli barang dengan jumlah besar untuk di impor ke negaranya lalu dijual kembali. E-commerce ini juga memiliki harga dan minimum jumlah pemesanan yang cukup tinggi.
3. Taobao.com: Ini adalah salah satu yang terbaik dari e-commerce china. Walau taobao terfokus untuk pasar retail, pasarnya adalah orang lokal China sendiri. Sehingga harga barang yang dijual disini tidak terlalu tinggi. Di taobao juga banyak berbagai macam barang yang tersedia dari barang import luar negeri sampai barang lokal.
4. 1688.com: Disinilah surga-nya barang murah! Kalian sudah tidak perlu jauh jauh lagi ke China untuk mencari produk asal China, tapi bisa cukup mencarinya dari sini. Harganya sangat murah bahkan bisa lebih murah dari toko-toko retail di China sana. Memiliki pasar lokal China grosir membuat harganya sangat murah namun dengan minimum pembelian yang masih tergolong rendah.

Itulah pembahasan mengenai empat e-commerce terbesar di China. Mana yang paling cocok untuk usaha anda tentunya berbeda dari setiap individu. Ada yang ingin lebih mudah dan cepat sehingga membelinya dengan harga yang lebih mahal, ada juga yang mau berusaha lebih untuk mendapatkan harga semurah murahnya. Semua tergantung dari strategi dan kondisi masing-masing pelaku usaha, yang pasti harus tetap untung ya!

Salam,

One world