Bagi 90% dari anda yang baru saja ingin memulai usaha import, mendatangi negara asal produk tersebut tentunya bukan menjadi pilihan utama. Beberapa faktor akan menjadi pertimbangan mulai dari biaya yang besar, bingung bagaimana mencari toko/pabrik, sampai akomodasi dan cara berkomunikasi nya nanti, sehingga ini dapat menghambat anda untuk memulai usaha import. Tetapi, apakah masih harus langsung ke China jika ingin mulai usaha import dari China?

Bagi anda yang sudah menyimak dan mempelajari tentang import pasti tahu jawabannya, yaitu tidak perlu! Dengan kemajuan teknologi anda sekarang dapat mencari barang yang dijual di China hanya dengan menggunakan akses internet di komputer atau handphone anda. Sangat mudah, cepat, dan tidak memerlukan biaya yang besar. Namun apa website yang menyediakan produk murah tersebut?

Seperti yang sudah kami bahas di blog sebelumnya, dua market place termurah yang kami rekomendasikan adalah taobao.com dan 1688.com. Alasan mengapa market place ini memiliki produk yang murah adalah karena sebetulnya di khususkan bagi orang China dan hanya orang yang memiliki rekening bank China yang dapat membayar nya, sehingga membuat harga yang dijual adalah harga dasar lokal. Tetapi dikarenakan beberapa orang memiliki akses ke rekening bank China, akhirnya mereka pun dapat membeli dari sini.

Kali ini kami akan membahas sedikit lebih detil mengenai masing masing market place yang di rekomendasikan ini agar anda mengerti mengapa mereka lebih baik (dalam harga barang) dari alibaba.com yang biasa digunakan orang-orang pada umumnya untuk mencari barang dari China.

Taobao.com adalah market place berbasis retail/eceran China selayaknya e-commerce di Indonesia. Pedagang yang terdaftar disana mulai dari pedagang perorangan sampai juga pedangan perusahaan dengan merk terkenal. Disini adalah tempat terlengkap untuk mencari barang karena banyak sekali pilihan barang yang berasal dari China langsung, maupun yang memang sudah di import dari luar ke China. Asli, KW, kualitas baik, kualitas standar, berbagai merk dan pilihan barang semua dapat anda cari disini.

Namun 1688.com berbeda dengan Taobao.com karena ini adalah market place berbasis grosir yang memang hampir tidak bisa ditemukan di Indonesia. Karena China adalah negara produsen, tentunya banyak sekali pabrik-pabrik disana yang ingin menjual produk mereka. Produk yang dijual di sini lebih cenderung terfokus pada produk lokal buatan China dan anda pun diperbolehkan membuat logo brand sendiri jika diinginkan. Karena penjualnya adalah pabrik langsung atau agen dari pabrik, harganya sangat murah dibanding di tempat lain. Secara umum, sangat banyak produk yang bisa didapat di sini khususnya produk buatan China, namum untuk produk KW dan produk buatan luar China bisa dibilang hampir tidak ada penjualnya, ataupun jika ada akan cukup sulit dicari.

Jadi bagi anda yang ingin memulai usaha import barang dari China dapat mencoba untuk mencari barang dari dua market place tersebut untuk mendapatkan harga termurah. Perlu diketahui bahwa salah satu kelemahannya adalah hanya bisa ditampilkan dalam bahasa mandarin, tetapi anda dapat menggunakan browser google chrome agar bisa di terjemahkan ke bahasa lain sesuai keinginan anda.

Semoga anda sukses menjadi importir barang dari China. Ingat, langkah pertama untuk memulai usaha adalah memulainya, bukan hanya mempelajarinya terus menerus.

Salam,

One world