Dalam menjalankan usaha tidak hanya sekedar membeli produk yang murah. Membuka sebuah toko fisik/olshop untuk menjualnya kembali belum cukup, bahkan bisa dibilang itu baru permulaannya saja.

Apa lagi yang harus dilakukan setelah itu? Yup, dengan melakukan promosi! Promosi bukan selalu berarti diskon yah, promosi disini juga dimaksud dengan mengiklankan brand (merk) toko anda agar lebih dikenal banyak orang. Memperkenalkan brand sangatlah penting, karena nantinya orang akan lebih mempercayai brand yang sudah dikenal bagus produknya.

Apakah brand ini menjual produk anak anak, produk fashion wanita, produk aksesoris gadget, produk dekorasi rumah, dan sebagainya. Apapun itu, yang terpenting bukan hanya produk yang dijual, namun juga nama brand dari toko tersebut.

Ada beberapa cara untuk memperkenalkan brand usaha anda. Bisa dengan mulai membayar iklan di tempat anda berjualan seperti marketplace lokal agar produk anda berada diatas, lalu membangun profil instagram yang dikelola secara baik dalam menampilkan brand dan produk anda. Bahkan juga bisa membayar iklan di instagram agar profil anda lebih dikenal orang. Membayar iklan di sini umumnya tidak mahal dan malah bisa menguntungkan karena modal iklan akhirnya tertutup oleh keuntungan penjualan dari pembeli yang datang karena iklan tersebut.

Setelah ini berhasil, bisa dengan memulai membuat website atau bahkan aplikasi smartphone dimana transaksi bisa dilakukan di website anda sendiri dan tidak melalui marketplace. Walau mungkin akan lebih banyak orang yang tetap membeli melalui marketplace, website ini lebih digunakan untuk menampilkan citra brand anda yang lebih profesional. Terlebih lagi dengan memiliki sebuah website, anda bisa mengiklankan website anda dengan google ads, sehingga mendatangkan lebih banyak pelanggan ke usaha anda.

Dan cara paling umum lainnya, yang juga bisa diimplementasikan ke 2 cara diatas, adalah dengan memberikan diskon harga yang akhirnya membuat orang mau mencoba membeli sekali, dan akhirnya menjadi langganan tetap yang membeli terus terusan walaupun tanpa diskon.

Jadi kesimpulannya, di era jaman sekaran ini, teknologi digital menjadi jawaban untuk hampir semua media promosi. Dikarenakan biaya yang tidak mahal (dibanding media TV, koran, majalah, dll) juga lebih berpotensi dilihat karena hidup kita sudah terhubung dengan internet setiap waktu.

Tidak perlu pusing karena terlalu banyak hal yang perlu dilakukan, mulailah dengan satu langkah demi langkah, senyaman anda namun pastikan tetap melangkah maju ke arah yang lebih baik. Rincikan hal yang penting dan harus dilakukan terlebih dahulu, agar lebih mudah melihat sampai mana proses nya.

Ini hanyalah sedikit saran dari kami untuk dapat meningkatkan penjualan. Strategi apapun tidak bisa dipastikan akan berhasil, namun jika kita tidak pernah berusaha sudah dipastikan kita tidak akan maju ke arah yang lebih baik. Jalankan usaha anda sesuai yang terbaik menurut anda.

Salam,
One world