China adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia sekarang ini, mungkin juga karena itu mereka dapat memiliki banyak sumber daya manusia untuk memproduksi berbagai macam barang. Dari ide- ide awal, sampai ke bagian produksi dan penjualan tentunya bukan masalah lagi.

China yang terfokus menjadi negara produsen juga memiliki ekonomi yang bertumbuh dengan cepat. Didukung juga dengan globalisasi dan perdagangan international yang semakin mendorong pertumbuhan negara tirai bambu tersebut.

Tetapi tentunya ada sisi negatif dari jumlah penduduk yang banyak, yang juga dapat menjadi sisi positif jika dilihat dari perspektif lain. Dikarenakan jumlah penduduk yang banyak, upah pekerja disana tidak tinggi. Ini memberikan kesempatan untuk pabrik-pabrik di China agar dapat memproduksi barang dengan biaya yang murah dibanding dengan negara lain yang memiliki upah pekerja tinggi. Akhirnya dengan ini mendorong China untuk bisa melakukan ekspor ke berbagai macam negara dengan harga yang rendah, sehingga importir dari masing masing negara juga mendapat keuntungan.

Jika kita lihat, banyak sekali barang asal China yang dapat kita temui di Indonesia, khususnya marketplace e-commerce. Sebagian besar barang yang dijual adalah barang yang di impor langsung dari China. Walau dulu kita sering kali mendengar bahwa produk China tidak memiliki kualitas yang bagus, tetapiĀ  sekarang produk China telah menjadi salah satu produk favorit di kalangan pembeli.

Itulah yang membuat banyak pedagang di tanah air ini untuk mulai mengimpor barang dari China. Karena harganya yang murah, dan juga laku di pasaran. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya meng-impor dari China?

Tentunya banyak hal yang harus dipelajari oleh seorang calon importir sebelum dapat meng-impor dari China. Mulai dari bahasa, cara mencari supplier, cara berkomunikasi dengan supplier, cara pembayaran, dan mengatur kirimannya agar sampai di Indonesia dengan aman dan selamat.

Tetapi walaupun banyak hal yang perlu dipelajari, pada akhirnya semua akan menjadi bermanfaat dan menguntungkan jika dilakukan dengan benar.

 

Salam,

One world