Beberapa waktu lalu kita mendapatkan kabar yang kurang baik, sudah ditemukan 2 orang WNI yang tertular virus corona. Walau mereka sudah dirawat di ruang isolasi, tentu kita tetap harus berjaga jaga. Berikut ini adalah beberapa cara pencegahan yang boleh diikuti agar tidak mudah tertular virus ini.

1. Mencuci tangan dengan benar
Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin.

2. Menggunakan masker
Cara pakai masker yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Ketika melepaskan masker dari wajah, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

4. Menghindari mengunjungi tempat yang terlalu ramai.
Dikarenakan penularan virus ini sangat cepat jika berdekatan dengan orang yang sudah terkena virus ini. Semakin ramai tempatnya, semakin besar resiko tertular. Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak terlalu sering berpegian ke tempat ramai. Dan jikalau memang harus pergi ke tempat yang ramai, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Dan juga tidak perlu khawatir dengan barang import, dikarenakan virus corona tidak bisa hidup diluar tubuh makhluk hidup. Sehingga barang import tidak bisa menularkan virus kepada anda.

Salam,
One world