Jaman sekarang bisa dibilang jaman yang serba cepat dan serba mudah, termasuk untuk memulai usaha. Untuk merintis usaha sudah tidak lagi perlu mencari lokasi yang strategis, membayar sewa kios, serta modal usaha lainnya seperti stok barang.

Dengan bantuan internet, semua biaya besar yang dulunya diperlukan untuk memulai sebuah usaha, sudah di eliminasi. Marketplace e-commerce menjadi sarana yang tepat untuk memulai usaha. Hanya perlu membuat akun dan meng-upload produk dagangan, cukup meluangkan waktu 1 hari dan anda sudah siap berjualan.

Tetapi bagaimana dengan barang dangangannya? pastinya butuh modal bukan? Jawabannya, ya dan tidak. Ya, karena tentu untuk membeli barang yang akan dijual kita perlu modal awal. Tetapi juga tidak, karena modal tersebut tidak harus berasal dari kantong kita sendiri, namun bisa jadi dari teman/rekan usaha yang memiliki modal, atau bahkan dari pelanggan kita.

Ya, dengan sistem buka pre-order (open PO), seluruh atau sebagian besar modal untuk membeli barang sudah dibayarkan oleh pembeli. Kita hanya perlu mengumpulkan cukup banyak pembeli, lalu memesan barangnya dengan jumlah banyak agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan meningkatkan keuntungan. Setelah itu tinggal mengirimkan produknya ke pembeli dan mengantongi selisih uangnya sebagai keuntungan!

Memang menjalankan usaha tidak semudah berbicara. Tentu harus melewati berbagai macam tantangan dan rintangan agar bisa sukses di kemudian hari. Karena jika menjalankan usaha itu mudah, semua orang sudah memulainya dan berhasil. Namun kenyataanya perlu tekad dan kegigihan yang tinggi untuk mencapai keberhasilan.

Tapi ingat 1 hal yang terpenting, memulai usaha tidak sesulit dulu dan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan terkadang bisa tanpa modal. Jika begitu, apa lagi yang menghalangi anda untuk tidak memulainya?

Salam,
One world