Tahun 2019 bisa jadi tahun yang baik bagi kita semua, bisa juga tahun yang buruk. Tetapi yakin lah bahwa sesuatu yang buruk tersebut akan membaik di tahun inI! Sedangkan yang baik, akan makin bertambah lagi.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa merubah hal buruk yang terjadi di tahun 2019? Tentu saja tidak bisa karena sudah lewat. Tapi apa yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak terus menerus memikirkan kenapa hal buruk itu terjadi dan tidak menyalahkan diri sendiri. Semua itu bukannya memberbaik situasi, justru akan memperburuk karena kita akan semakin tidak bersemangat dalam menjalani apapun.

Buanglah jauh-jauh pikiran negatif tersebut! Nasi sudah menjadi bubur, tapi jika kita melihat sisi positifnya, bubur juga bisa menjadi makanan yang enak bukan? Pengalaman masa lalu boleh dijadikan pelajaran, namun itu tidak mendefinisikan diri kita. Akan lebih baik jika kita memfokuskan waktu, pikiran, dan energi kita untuk yang lebih baik di kemudian hari.

Gagal melakukan sesuatu? coba lagi, dan lagi, dan lagi. Tidak ada salahnya juga jika ingin mencoba sesuatu yang lain, karena kegagalan itu baru terjadi ketika kita sudah berhenti mencoba.

Tulis target mu untuk tahun 2020, baca target tersebut setiap pagi, dan mulailah melakukan hal yang bisa mencapai impian tersebut, dimulai dari sekarang! Dan jangan ragu untuk menetapkan target yang tingi (tetapi masih masuk akal), karena lebih baik tidak mencapai target yang besar, daripada mencapai target yang rendah. Kita akan berusaha mengembangkan diri kita untuk mencapai target yang besar tersebut. Yang terakhir, jangan lupa untuk menikmati perjalanan yang dilalui untuk mencapainya, baik ataupun buruk. Jika kita menikmati perjalannya, tanpa terasa kita sudah sampai di tujuan.

Selamat tahun baru 2020!

Salam,
One world