Siapa sih yang mau membeli produk dari supplier yang abal-abal? Pastinya tidak ada kan, apalagi menyangkut import, tentu harus memastikan terlebih dulu kredibilitas supplier agar tidak kecewa. Karena berbelanja import sangat berbeda dengan belanja lokal. Jika produk tidak sesuai, sangat mudah untuk me-retur barangnya kepada seller lokal. Tetapi dalam hal import, biaya dan prosesnya sangat susah sehingga walau dalam teori retur itu memungkinkan dan bisa saja dilakukan,  prakteknya retur ke luar negeri akan mengeluarkan biaya dan waktu yang banyak dalam mengurusi prosesnya.

Oleh karena itu kali ini kita akan membahas bagaimana mendapatkan seller yang rekomen, atau memiliki reputasi baik. Memang dengan reputasi baik tidak menjamin 100% bahwa seller tersebut akan selalu mengirimkan produk yang bagus, tidak menipu, dan sebagainya. Tetapi setidaknya dapat mengurangi resiko-resiko tersebut ketimbang seller yang memiliki reputasi rendah, bahkan buruk.

Di setiap marketplace Alibaba grup, yaitu Taobao, 1688, Alibaba, dan Aliexpress, disana terdapat 3 informasi penting yang dapat kita gunakan untuk menganalisa seorang seller. Mari simak dibawah ini:

  1. Berapa tahun dia sudah menjalankan usaha

Ini cukup penting untuk menentukan apakah seller tersebut bagus atau tidak. Semakin lama tahun dia sudah berjualan di marketplace tersebut, semakin baik juga seharusnya seller tersebut. Kurang memunginkan bagi seller yang memiliki reputasi buruk untuk dapat terus berjualan untuk waktu yang sangat lama. Pada umumnya diatas 2 tahun sudah menjadi nilai yang cukup baik.

  1. Review baik/bagus dari produk yang dijual

Bisa dibilang ini adalah yang terpenting dari semuanya. Karena pada akhirnya, yang kita beli dari seorang seller adalah produknya yang ingin kita jual kembali di Indonesia. Belum tentu seller yang sudah membuka toko lama selalu memiliki produk yang bagus, kadang kala ada saja beberapa produknya yang memang kurang baik karena bukan unggulannya. Disarankan untuk mencari produk yang memiliki rating atau review minimal 3.5/5 bintang.

  1. Reputasi toko/seller

Yang tidak kalah penting adalah reputasi toko. Berjualan boleh baru, tetapi reputasi tidak bisa bohong. Ada juga yang sudah lama berjualan tetapi reputasinya rendah karena toko sepi. Oleh karena itu, perlu juga memperhatikan ini sebelum membeli suatu produk. Pada dasarnya ada 3 kategori utama untuk reputasi di 1688.com, sebagai berikut:

  1. Lencana/medali: Ini adalah reputasi terrendah. Jika ada pilihan seller lain, sebaiknya memilih seller lain terlebih dulu.
  2. Diamond/berlian: ini adalah reputasi tengah. Sudah cukup baik, terlebih lagi diamond yang dimiliki lebih dari 1 (maks 5) Karena untuk semua reputasi, semakin tinggi jumlah gambarnya, semakin bagus juga.
  3. Mahkota: Ini adalah reputasi tertinggi. Pada umumnya jika seorang seller sudah memiliki reputasi ini, produk yang dijual harusnya sudah terjamin dan terpercaya. Sebisa mungkin mencari seller dengan reputasi ini.

Itu lah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat ingin mencari seller/supplier di marketplace China. Sebagai catatan tambahan, seller dengan level reputasi/review/lama usaha yang tinggi tidak selalu menjamin 100% bagus. Begitu pula seller dengan level reputasi/review/lama usaha yang rendah belum tentu memiliki produk jelek, namun sebaiknya hanya dijadikan cadangan jika tidak ada pilihan lain.

Salam,

One world