Ets jangan salah dulu, China sekarang sangat berbeda dengan China puluhan tahun lalu. Dulu memang kita sering mendengar cerita bahwa orang China adalah penipu. Pesan barang dikirim tidak sesuai, pesan sendal 1 kontener yang datang hanya sebelah kanan semua, dan masih banyak lagi cerita seperti itu.

Tapi tentu saja dengan berkembangnya jaman, mereka pun mulai sadar bahwa hubungan baik jangka panjang lebih baik daripada menipu satu kali. Dan juga di era yang serba teknologi ini, sudah ada yang namanya sistem rekber yang memang terintegrasi dengan marketplace di tempat kita bertransaksi.

Seperti layaknya marketplace di tanah air tercinta ini, jika kita membeli suatu produk, uang yang kita bayarkan tidak langsung diterima oleh si penjual. Uang akan disimpan di sistem marketplace terlebih dulu sampai order pemesanan barang sudah selesai. Oleh karena itu, sebagai pembeli kita akan merasa aman karena penjual tidak dapat kabur begitu saja setelah menerima uang.

Memang sistem ini tidak 100% menjamin bahwa barang yg dikirim akan sesuai dan sebagainya, tapi dengan ini akan mengurangi resiko kecurangan yang dapat dilakukan oleh pihak yang memang hanya ingin menipu, padahal dia bukanlah seorang penjual.

Olehkarena itu, sangat disarankan bagi anda untuk bertransaksi melalui marketplace di China ketimbang langsung mentransfer uang kepada supplier. Atau jika memang ingin mentransfer, sebaiknya mintalah nomor rekening perusahaan dan jangan nomor rekening pribadi. Dengan begitu akan mengurangi resiko-resiko dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga tips ini membantu. Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi kami di whatsapp 087878935512.

Salam,
One world