.

Sebelum memulai sebuah usaha baru, biasanya kita mau mengetahui terlebih dulu potensi keuntungan yang bisa didapat. Apakah sebanding dengan resiko nya, atau apakah justru malah lebih besar resiko ketimbang keuntungannya. Setiap usaha memiliki potensi keuntungan dan faktor resiko yang berbeda beda, tapi bagaimana dengan usaha import ini?

Jika kita lihat di salah satu marketplace di indonesia yang bernama Sh*p*e, ternyata ada banyak sekali penjual dari China (pilihan dikirim dari luar negeri) yang berjualan di marketplace tersebut. Itu bisa menjadi ancaman bagi para importir karena supplier di China sekarang bisa langsung menjual produknya di Indonesia.

Tetapi jangan takut, karena ternyata harga yang mereka tawarkan sering kali masih sangat tinggi. Walau begitu, mereka dapat menjual produk dengan laris, bahkan ada yang sampai 5000 pcs terjual.

Nah, jika dihitung-hitung, sebetulnya kita masih bisa mengimport langung dari China, dan mendapatkan harga modal dibawah harga pasaran yang dijual di marketplace tersebut. Disinilah kita bisa bersaing dengan penjual China langsung di negara kita. Penjual lokal yang posisi barangnya sudah di Indonesia pun akan lebih unggul dalam sisi customer service dan durasi pengiriman, sehingga bisa menjadi nilai tambahan.

Untuk potensi keuntungan pun sangat beragam. Ada yang bisa untung 20%, 50%, atau bahkan terkadang bisa untung 100% lebih tergantung dari barangnya. Ditambah dengan potensi penjualan yang bisa mencapai 1000 pcs lebih per tipe barang, tentu potensi keuntungan ini sangatlah besar dan bisa mencapai ratusan juta jika menemukan produk yang tepat. Untuk lebih lengkap, bagian ini dapat dilihat di akun instagram kami oneworldservices bagian highlight/sorotan dengan judul “peluang” dan “untung kah?”.

Tapi keuntungan besar bukan tanpa resiko. Beberapa resiko yang cukup umum terjadi adalah sebagai berikut.
1. Modal yang tertahan untuk membeli stok barang awal
2. Pengiriman dari China ke Indonesia membutuhkan waktu yang cukup lama
3. Ada resiko barang yang dikirim tidak sesuai pesanan
4. Resiko lampu merah
5. Dll

Tetapi apakah semua resiko tersebut akan menjadi halangan untuk mulai usaha import? Itu hanya bisa ditentukan oleh anda sendiri. Setiap orang memiliki toleransi terhadap resiko yang berbeda beda, olehkarena itu, pelajarilah terlebih dulu secara mendalam rencana dan budget anda sebelum memulai usaha.

Jika butuh bantuan untuk konsultasi rencana import anda, silahkan hubungi kami melalui whatsapp di 0888 9807283

Salam,
One world