Semakin ketatnya persaingan di marketplace, membuat barang kita semakin sulit di lirik oleh pembeli. Karena begitu banyaknya pilihan barang dengan harga yang sangat murah. Lalu bagaimana agar dagangan kita bisa laris?

Barang dengan harga murah tidak selalu menjadi pilihan utama. Terkadang ada faktor yang lebih dicari calon pembeli sebelum membeli suatu produk, seperti brand atau reputasi sebuah toko.

Sebab jika produk yang dijual murah namun reputasi toko nya buruk, ada kemungkinan produknya juga buruk. Oleh karena itu kita lebih baik fokus untuk mempromosikan brand merk/toko kita, agak semakin banyak orang yang datang melihat produk kita dan akhirnya bertransaksi. Jika sebuah toko sudah dipercaya oleh pembeli, harga tidak menjadi persoalan.

Cara tradisonal dalam bersaing adalah dengan perang harga. Namun jika begitu sebetulnya kita mengurangi potensi keuntungan kita sendiri. Yang berarti semakin banyak kita menjual, namun dengan keuntungan yang lebih rendah tapi kerjaan bertambah. Bagaimana menjual tanpa harus selalu perang harga, atau bahkan bisa menjual dengan harga lebih tinggi dari pasaran?

Sebagai contoh produk HP merk Apple, atau sepatu merk NIKE. Kedua brand ini tidak terjual laris karena menjual barang yang murah meriah, namun banyak orang yang ingin menggunakan produk mereka karena brand yang ternama dengan kualitas produk yang baik juga.

Untuk memulai mempromosikan toko, kita bisa memulai dengan membuat website/apps toko sendiri, sehingga terkesan lebih ekslusif dibanding toko lain yang hanya berjualan di marketplace. Setelah itu di tambahkan dengan iklan berbayar di google, youtube, facebook, dan instagram akan banyak sekali calon pembeli yang mengetahui brand/toko kita dan akan terlihat lebih terpercaya dibanding yang lain.

Semoga masukan ini dapat membantu.

Salam,
One world