Jika sudah pernah membaca dan mempelajari beberapa hal mengenai import anda pasti setidaknya pernah membaca sebutan ini: cbm/kubik/kubikasi/volume. Sebutan ini memang masih jarang didengar diluar dunia import dan pengiriman barang karena ini adalah perhitungan biaya yang akan dikenakan untuk pengiriman barangnya.

Pada umumnya yang anda pahami dan sering temui untuk menghitung biaya pengiriman adalah harga per kilogram (berat). Dalam pengiriman barang import via laut yang dikenakan adalah harga per cbm, yaitu ukuran barang yang dikirim. Jadi yang dimaksud dari istilah diatas sebenarnya adalah ukuran barang yang dikirim, bukan berat barang.

Jadi tidak ada istilah muat berapa kilo untuk 1 cbm karena perhitungan cbm bukanlah dari berat barang. Namun untuk ukuran 1 cbm sendiri sebesar apa?

Untuk ukuran 1 cbm adalah sebesar 1 x 1 x 1 meter, jadi cukup besar ya. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena minimal pengiriman via laut dari One world hanyalah sebesar 0,1 cbm yang berarti hanya 1/10 dari ukurang 1 cbm tersebut. Masih belum ada gambaran? Lebih mudah jika kita menggunakan ilustrasi dibawah ini:

– 0,1 cbm rata rata muat 100 pcs baju, atau 20 pasang sepatu
– 1 cbm rata rata muat 1000 pcs baju, atau 200 pasang sepatu

Nah sudah paham kan? Jadi dengan harga pengiriman laut One world yang seharga 8jt/cbm jika mengirimkan 0,1 cbm hanyalah 800rb saja lho. yang berarti 1 pcs baju ongkirnya hanya kena sekitar 8rb, sedangkan 1 pasang sepatu sekitar 40rb. Ukuran barang akan berpengaruh besar terhadap totalan harga barang yang di import. Semakin kecil barangnya akan semakin murah ongkir per pcs nya jika dikirim dengan laut.

Jika anda masih kurang paham cara menghitung biaya import, silahkan konsultasikan kepada kami dan kami akan membantu dengan senang hati.

Salam,
One world