Sering kali kita mendengar tentang kata ini, terutama jika sedang mempelajari cara memulai import barang. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan barang lartas dan barang non-lartas? Mari kita simak dibawah ini.

Jadi pertama-tama kita harus tahu terlebih dulu apa arti dari kata lartas tersebut. Lartas disini adalah singkatan dari “Larangan dan Pembatasan”, dari kepanjangannya sendiri anda sudah bisa menebak bahwa barang lartas adalah barang yang dilarang atau dibatasi untuk di import (dan juga export). Barang lartas memerlukan ijin khusus sebelum dapat di import ke indonesia.

Kebalikannya adalah barang non-lartas, bukan lartas, atau kadang disebut dengan sebutan “barang umum”, adalah barang yang dapat di import tanpa ada batasan/larangan yang tentunya akan mempermudah perijinan. Sehingga barang dengan kategori umum biasanya memiliki harga kirim yang lebih rendah dibanding harga barang lartas.

Lalu barang apa saja yang termasuk lartas? Pada dasarnya ada banyak yang termasuk dalam kategori ini sehingga tidak bisa di rincikan satu per satu. Tetapi yang cukup umum dicari oleh importir adalah sebagai berikut:
– Baju/Pakaian/Garment/Textile
– Sepatu
– Mainan
– Makanan
– Kosmetik
– Obat-obatan
– Barang mengandung cairan
– Barang mengandung baterai

Lantas bagaimana jika kita ingin import barang tersebut, apakah tidak bisa? Jangan khawatir, karena jawabannya sangat bisa! Hanya saja biasanya ada perbedaan harga sedikit lebih mahal untuk barang barang lartas. Namun permasalahan perijinan akan dibantu urus oleh masing masing pihak forwarder (pengiriman), sehingga anda tidak perlu pusing dengan semua itu.

Semoga informasi ini dapat membantu anda yang ingin memulai import. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Salam,
One world